Dalam
dunia pesantren laiknya pesantren Salafiyah Muadalah ____________, nilai-nilai
keikhlasan dan konsep barokah merupakan sarat utama dan akidah yang selama ini
diyakini
dan mengkristal pada jiwa para guru/ustad dalam melakukan pengajaran. Akan
menjadi hal
yang ironi bila kemudian nilai-nilai tersebut luntur begitu saja akibat
pemberlakuan kebijakan
sertifikasi guru dan tunjangan bulanan bagi guru oleh pemerintah, baik guru
negeri dan
swasta. Dari fenomena di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: (1)
Bagaimana nilai keikhlasan dan barokah guru sebelum sertifikasi di pesantren
Salafiyah
Muadalah ____________; dan (2) Bagaimana pergeseran nilai keikhlasan dan
barokah guru setelah
sertifikasi di pesantren Salafiyah Muadalah ____________.
Keikhlasan dan barokah adalah nilai keyakinan beribadah dengan mengarahkan
seluruh
perkataan, perbuatan dan jihad hanya untuk Allah dan mengharap ridha-Nya, tanpa
melihat
pada kekayaan dunia, jabatan dan kedudukan. Mengajar dan menjadi guru merupakan
kewajiban setiap muslim yang telah berilmu pengetahuan dan menjalankan amanah
Allah SWT
untuk menyampaikan ajaran-ajaran agaman secara ikhlas, tanpa pamrih dan zuhud
terhadap
dunia. Sedangkan nilai barokah adalah munculnya keyakinan akan kebaikan yang
bersumber
dari Allah SWT, sehingga apapun yang diperoleh dari menjadi guru akan selalu
berkembang
dan bertambah besar nilai kemanfaatnya meski dengan adanya kebijakan
sertifikasi guru.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, metode yang digunakan dalam
penelitian
ini wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah sejumlah guru yang telah
lulus sertifikasi
dan belum, pimpinan pesantren/ madrasah Muadalah dan sejumlah siswa/ santri.
Analisa data
yang digunakan deskriptif kualitatif, sedangkan keabsahan datanya menggunakan
ketekunan
pengematan, triangulasi sumber dan pengecekan anggota untuk masing-masing
subjek.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat simpulkan bahwa: (1) Nilai
keikhlasan
dan barokah guru sebelum sertifikasi di Pesantren Salafiyah Muadalah ____________,
terwujud
dalam tindakan: (a) guru bersungguh-sungguh dalam mengajar di kelas; (b)
tingkat kehadiran
dan keaktifan guru yang tinggi; (c) jarang meninggalkan kelas dan jam mengajar
dengan alasan
tidak jelas; (d) sikap yang tidak pernah mempermasalahkan gaji dan tunjangan
bulanan; (e)
keterbukaan dan terbangunnya hubungan interpersonal yang baik antara guru
dengan guru, guru
dengan siswa dan guru dengan pengelola pesantren/ madrasah; (f) tidak pernah
ditemukan sikap
yang kurang terpuji dari guru yang mengatasnamakan kelembagaan pesantren/
madrasah demi
kepentingan pribadi atau golongan. (2) Pergeseran nilai keikhlasan dan barokah
guru setelah
sertifikasi di Pesantren Salafiyah Muadalah ____________, nampak dalam sikap:
(a) kurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar