Jumat, 18 Mei 2012

Hubungan Media Iklan dengan Keputusan Membeli Handphone China pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN _________________________________ 072


Proses pegenalan suatu produk baru merupakan hal yang paling utama dilakukan oleh para produsen untuk menarik minat keputusan membeli konsumen. Iklan merupakan salah satu alat pemasaran yang paling efektif, melalui berbagai media iklan yang ada. Faktor tema iklan, Pesan Iklan, Gambar suara, dan ukuran penempatan merupakan faktor yang digunakan dalam media iklan untuk mengukur keputusan membeli konsumen. Sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi intensi membeli konsumen, seperti faktor budaya, faktor sosial pribadi dan faktor psikologi digunakan sebagai indicator pengukur keputusan membeli konsumen. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar hubungan tema iklan, pesan iklan, gambar suara dan ukuran penempatan terhadap keputusan membeli handphone china pada konsumen. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa psikologi UIN _________________________________. Pengukuran dilakukan menggunakan kuestioner. Dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Dari hasil analisis diketahui dari 40 item skala media iklan yang diujicobakan terdapat 23 item yang valid dengan nilai korelasi antara 0,301- 0,709 dengan reliabilitas sebesar 0,804. Sedangkan dari 40 item skala keputusan membeli yang diujicobakan, terdapat 26 item yang valid dengan nilai korelasi antara 0,315-0,688 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,864. Berdasarkan kategorisasi yang dilakukan menunjukkan penrimaan media iklan sebesar 62% pada taraf sedang, 24% pada taraf tinggi , dan 14% pada taraf rendah. Sementara tingkat keputusan membeli sebesar 36% pada taraf sedang, 18% pada taraf rendah, dan 46% pada taraf tinggi. Berdasarkan analisis regresi diketahui koefisien regresi dengan nilai F=282,416 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti ada hubungan media iklan terhadap keputusan membeli handphone pada mahasiswa yang signifikan. Sumbangan secara bersama-sama faktor media iklan yaitu tema iklan, pesan iklan, gambar suara, dan ukuran penempatan terhadap keputusan membeli sebesar R2=0,917,. Ini berarti sumbangan tersebut adalah sebesar91,7%. Faktor pesan iklan memberikan pengaruh paling signifikan pada keputusan membeli dengan koefisien regresi sebesar 1,205

Tidak ada komentar:

Posting Komentar