Proses
pegenalan suatu produk baru merupakan hal yang paling utama dilakukan oleh para
produsen untuk menarik minat keputusan membeli konsumen. Iklan merupakan salah
satu alat pemasaran yang paling efektif, melalui berbagai media iklan yang ada.
Faktor tema iklan, Pesan Iklan, Gambar suara, dan ukuran penempatan merupakan
faktor yang digunakan dalam media iklan untuk mengukur keputusan membeli
konsumen. Sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi intensi membeli
konsumen, seperti faktor budaya, faktor sosial pribadi dan faktor psikologi
digunakan sebagai indicator pengukur keputusan membeli konsumen. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar
hubungan tema iklan, pesan iklan, gambar suara dan ukuran penempatan terhadap
keputusan membeli handphone china pada konsumen. Subjek pada penelitian ini
adalah mahasiswa psikologi UIN _________________________________. Pengukuran
dilakukan menggunakan kuestioner. Dari data yang diperoleh dilakukan uji
validitas dan reliabilitas serta dianalisis dengan menggunakan regresi
sederhana. Dari hasil analisis diketahui dari 40 item skala media iklan yang
diujicobakan terdapat 23 item yang valid dengan nilai korelasi antara 0,301-
0,709 dengan reliabilitas sebesar 0,804. Sedangkan dari 40 item skala keputusan
membeli yang diujicobakan, terdapat 26 item yang valid dengan nilai korelasi
antara 0,315-0,688 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,864. Berdasarkan
kategorisasi yang dilakukan menunjukkan penrimaan media iklan sebesar 62% pada
taraf sedang, 24% pada taraf tinggi , dan 14% pada taraf rendah. Sementara
tingkat keputusan membeli sebesar 36% pada taraf sedang, 18% pada taraf rendah,
dan 46% pada taraf tinggi. Berdasarkan analisis regresi diketahui koefisien
regresi dengan nilai F=282,416 dan nilai signifikansi sebesar 0,000
(p<0,05). Hal ini berarti ada hubungan media iklan terhadap keputusan
membeli handphone pada mahasiswa yang signifikan. Sumbangan secara bersama-sama
faktor media iklan yaitu tema iklan, pesan iklan, gambar suara, dan ukuran
penempatan terhadap keputusan membeli sebesar R2=0,917,. Ini berarti sumbangan
tersebut adalah sebesar91,7%. Faktor pesan iklan memberikan pengaruh paling
signifikan pada keputusan membeli dengan koefisien regresi sebesar 1,205
Tidak ada komentar:
Posting Komentar