Jumat, 18 Mei 2012

Hubungan Pelayanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Group Guidance Class Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Garum Kabupaten ___________________ 074


Konsep diri merupakan kerangka acuan (frame of reference) individu dalam
berinteraksi dengan lingkungan. Melalui perilakunya akan tampak bagaimana cara individu
memandang dirinya dan menilai dirinya. Apabila seseorang memandang dirinya negatif,
maka ia akan berperilaku negatif, dan sebaliknya apabila seseorang memandang dirinya
positif, maka ia akan menampilkan perilaku yang bersifat positif. Dalam lingkup pendidikan
atau sekolah terdapat faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan konsep diri salah
satunya adalah pelayanan bimbingan kelompok teknik group guidance class, yaitu teknik
pelayanan bimbingan yang diberikan oleh pembimbing kepada sekelompok siswa dengan
tujuan memberi bantuan terhadap siswa yang dilaksanakan dalam situasi kelas pada jam
tertentu yang sudah ditentukan dalam jadwal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji
apakah ada hubungan antara pelayanan bimbingan kelompok teknik group guidance class
dengan konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri I Garum kabupaten ___________________.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini
sebayak 90 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yaitu, untuk
instrumen pelayanan bimbingan kelompok kelompok teknik group guidance class terdiri atas
24 item dan 30 item pada instrumen konsep diri.
 = 0,219 dengan taraf signifikansi 0,039
g UCDari hasil perhitungan tersebut diperoleh
< 0,05. Mengindikasikan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pelayanan
bimbingan kelompok teknik group guidance class dengan konsep diri siswa kelas XI IPA
SMA Negeri I Garum Kabupaten ___________________.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar