Ketrampilan
berbicara merupakan kemampuan mengungkapkan gagasan
serta ide yang dalam pikiran disertai ekspresi berbicara dan penyampaian gagasan
yang baik. Ketrampilan berbicara sangat erat hubungannya dengan mahasiswa.
Karena dalam proses kegiatan belajar mengajar yang terjadi, mahasiswa dituntut
untuk berpendapat, menyampaikan pikiran dan gagasan dalam pikirannya.
Ketrampilan berbicara sendiri akan tumbuh dan berkembang dengan baik karena
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kreativitas verbal merupakan salah satu faktor
yang mampu menunjang adanya ketrampilan berbicara seseorang selain faktorfaktor
lainnya. Fenomena dilapangan yang ada bahwa ada mahasiswa fakultas
psikologi yang dikategorikan memiliki tingkat kreativitas verbal yang kurang,
namun dia terampil dalam berbicara. Ini merupakan alasan peneliti ingin
melakukan penelitian lebih dalam mengenai pengaruh kreativitas verbal terhadap
ketrampilan berbicara mahasiswa fakultas psikologi UIN Maliki ______________.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativits
verbal, tingkat ketrampilan berbicara serta apakah ada pengaruh kreativitas verbal
terhadap ketrampilan berbicara pada mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik
Ibrahim ______________. Hipotesis yang diajukan terdapat dua, yaitu H0 atau hipotesis nol
bahwa tidak ada pengaruh kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara. Dan
Ha atau hipotesis alternatif yang menunjukkan adanya pengaruh kreativitas verbal
terhadap ketrampilan berbicara.
Dalam penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif korelasional,
Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi 2007, 2008 dan
2009. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random stratified
proportional sampling sebesar 20%. Dan diperoleh sampel 25 pada angkatan
2007, 33 pada angkatan 2008 dan 35 pada angkatan 2009. Sehingga jumlah
keseluruhan sampel adalah 93 mahasiswa psikologi. Instrumen yang dipakai
adalah tes kreativitas verbal dan skala ketrampilan berbicara.
Hasil dari penelitian diperoleh tingkat ketrampilan berbicara mahasiswa
psikologi UIN Maliki ______________ berada pada kategori sedang (66,6%). Tingkat
kreativitas verbal mahasiswa psikologi juga berada pada kategori sedang (64,5%).
Hasil analisis regresi sederhana menghasilkan nilai Fhitung > Ftabel (11,580 > 3,96)
dengan sig. 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan
kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara dan dalam hal ini Ha diterima.
Sedangkan dari hasil analisis regresi berganda diperoleh dari keempat aspek
kreativitas verbal, maka yang paling besar pengaruhnya adalah aspek flexibility
atau keluwesan sebesar 28% sumbangan pengaruhnya terhadap ketrampilan
berbicara.
serta ide yang dalam pikiran disertai ekspresi berbicara dan penyampaian gagasan
yang baik. Ketrampilan berbicara sangat erat hubungannya dengan mahasiswa.
Karena dalam proses kegiatan belajar mengajar yang terjadi, mahasiswa dituntut
untuk berpendapat, menyampaikan pikiran dan gagasan dalam pikirannya.
Ketrampilan berbicara sendiri akan tumbuh dan berkembang dengan baik karena
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kreativitas verbal merupakan salah satu faktor
yang mampu menunjang adanya ketrampilan berbicara seseorang selain faktorfaktor
lainnya. Fenomena dilapangan yang ada bahwa ada mahasiswa fakultas
psikologi yang dikategorikan memiliki tingkat kreativitas verbal yang kurang,
namun dia terampil dalam berbicara. Ini merupakan alasan peneliti ingin
melakukan penelitian lebih dalam mengenai pengaruh kreativitas verbal terhadap
ketrampilan berbicara mahasiswa fakultas psikologi UIN Maliki ______________.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativits
verbal, tingkat ketrampilan berbicara serta apakah ada pengaruh kreativitas verbal
terhadap ketrampilan berbicara pada mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik
Ibrahim ______________. Hipotesis yang diajukan terdapat dua, yaitu H0 atau hipotesis nol
bahwa tidak ada pengaruh kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara. Dan
Ha atau hipotesis alternatif yang menunjukkan adanya pengaruh kreativitas verbal
terhadap ketrampilan berbicara.
Dalam penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif korelasional,
Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi 2007, 2008 dan
2009. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random stratified
proportional sampling sebesar 20%. Dan diperoleh sampel 25 pada angkatan
2007, 33 pada angkatan 2008 dan 35 pada angkatan 2009. Sehingga jumlah
keseluruhan sampel adalah 93 mahasiswa psikologi. Instrumen yang dipakai
adalah tes kreativitas verbal dan skala ketrampilan berbicara.
Hasil dari penelitian diperoleh tingkat ketrampilan berbicara mahasiswa
psikologi UIN Maliki ______________ berada pada kategori sedang (66,6%). Tingkat
kreativitas verbal mahasiswa psikologi juga berada pada kategori sedang (64,5%).
Hasil analisis regresi sederhana menghasilkan nilai Fhitung > Ftabel (11,580 > 3,96)
dengan sig. 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan
kreativitas verbal terhadap ketrampilan berbicara dan dalam hal ini Ha diterima.
Sedangkan dari hasil analisis regresi berganda diperoleh dari keempat aspek
kreativitas verbal, maka yang paling besar pengaruhnya adalah aspek flexibility
atau keluwesan sebesar 28% sumbangan pengaruhnya terhadap ketrampilan
berbicara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar