Kamis, 17 Mei 2012

Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Asma'ul Husna ______


Kecerdasan spiritual merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar,
apabila peserta didik dibekali dengan kecerdasan spiritual yang tinggi maka akan sangat membantu,
diantaranya dapat meningkatkan motivasi dalam berprestasi, sehingga hambatan-hambatan dalam
belajar bisa diatasi, dengan cara belajar yang sungauh-sungguh, berusaha belajar dengan sebaik
mungkin, sehingga tercipta insan akademisi yang penuh semangat dan gigih untuk mencapai
keberhasilan.
Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu kecerdasan spiritual dan motivasi
berprestasi, dimana variabel kecerdasan spiritual menggunakan integrasi teori SQ Danah Zohar, Ian
Marshall dengan ESQ Ary Ginanjar Agustian, dari integrasi ini digunakan sebagai dimensi
kecerdasan spiritual, diantaranya, a. Tawazzun (kemampuan bersikap fleksibel), b. Istiqomah
(konsisten dalam berbuat baik), c. Kaffah (Mencari jawaban yang mendasar dalam melihat berbagai
persoalan secara holistik), d. Tingkat kesadaran tinggi dan kulitas hidup yang diilhami oleh visi dan
nilai, e. Tawadhu' (rendah hati), f. Ikhlas dan tawakkal dalam menghadapi dan melampui cobaan ,
Memilki integritas dalam membawakan visi dan nilai pada orang lain. Kemudian variabel motivasi
berprestasi menggunakan teori David McClelland, dari teori ini ada beberapa dimensi motivasi
berprestasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: a.Berperestasi dengan seprangkat standar, b.
Bertanggung jawab terhadap segala perbuatan, c.Kebutuhan mendapatkan umpan balik, d. Inovatif,
e. Tidak menyukai keberhasilan yang bersifat kebetulan.
Dalam penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif, pengambilan data dengan angket,
dokumentasi, dan wawancara. Jumlah populasi yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 125
santri diambil dari jenjang pendidikan Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah, pengambilan
sampel dengan menggunakan sampel populasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu 1. Tingkat Kecerdasan Spiritual pada santri
pondok pesantren Al-Asma’ul Husna NW Tanak Beak Barat, dengan kategori cukup baik, pada
jenjang pendidikan MTs, dengan kategori sedang sebanyak 56.45 % kemudian dengan kategori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar