Konsep diri
adalah gambaran yang dimiliki orang tentang dirinya. Konsep
diri merupakan gabungan dari keyakinan yang dimiliki orang tentang diri mereka
sendiri, karakteristik fisik, psikologi, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi.
Sedangkan Prestasi belajar adalah suatu istilah yang menunjukkan derajat
keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar setelah mengikuti proses
belajar dari program yang telah ditentukan. Pelajaran yang dimaksud adalah
pelajaran agama yang meliputi Fiqih, Akidah Akhlak, SKI dan Qur’an Hadits.
Terdapat realita pada siswa madrasah aliyah Muhammadiyah 1 ______________,
kebanyakan mereka memiliki kemampuan prestasi belajar yang rata-rata
menengah. Hal ini dilihat dari nilai raport yang mereka peroleh. Rumusan masalah
pada penelitian ini yaitu: bagaimanakah tingkat konsep diri siswa Madrasah
Aliyah Muhammadiyah 1 ______________? Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________? Bagaimanakah hubungan antara
konsep diri dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1
______________?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________ yang berhubungan dengan prestasi
belajar. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif
antara konsep diri dengan prestasi belajar. Dalam penelitian ini terdapat dua
variabel yaitu variabel bebas adalah konsep diri sedangkan variabel terikatnya
adalah prestasi belajar.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah
Muhammadiyah 1 ______________ kelas X dan XI yang berjumlah 45 orang. Instrumen
yang digunakan adalah angket untuk konsep diri dan data nilai raport untuk
prestasi belajar. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment
yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan
Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson,
didapatkan hasil xy r = 0,702 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima,
yaitu terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar
pada siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________. Artinya bahwa semakin
tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________.
diri merupakan gabungan dari keyakinan yang dimiliki orang tentang diri mereka
sendiri, karakteristik fisik, psikologi, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi.
Sedangkan Prestasi belajar adalah suatu istilah yang menunjukkan derajat
keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar setelah mengikuti proses
belajar dari program yang telah ditentukan. Pelajaran yang dimaksud adalah
pelajaran agama yang meliputi Fiqih, Akidah Akhlak, SKI dan Qur’an Hadits.
Terdapat realita pada siswa madrasah aliyah Muhammadiyah 1 ______________,
kebanyakan mereka memiliki kemampuan prestasi belajar yang rata-rata
menengah. Hal ini dilihat dari nilai raport yang mereka peroleh. Rumusan masalah
pada penelitian ini yaitu: bagaimanakah tingkat konsep diri siswa Madrasah
Aliyah Muhammadiyah 1 ______________? Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________? Bagaimanakah hubungan antara
konsep diri dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1
______________?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________ yang berhubungan dengan prestasi
belajar. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif
antara konsep diri dengan prestasi belajar. Dalam penelitian ini terdapat dua
variabel yaitu variabel bebas adalah konsep diri sedangkan variabel terikatnya
adalah prestasi belajar.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah
Muhammadiyah 1 ______________ kelas X dan XI yang berjumlah 45 orang. Instrumen
yang digunakan adalah angket untuk konsep diri dan data nilai raport untuk
prestasi belajar. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment
yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan
Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson,
didapatkan hasil xy r = 0,702 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima,
yaitu terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar
pada siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________. Artinya bahwa semakin
tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 ______________.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar