Kamis, 17 Mei 2012

Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Penyesuaian Diri Siswa (Pada Madrasah Tsanawiyah Khadijah Di ______________)


Adjustment atau Penyesuaian Diri pada peserta didik amatlah dibutuhkan dalam
meningkatkan kualitas hubungan antara individu dengan individu lainnya dan hubungan
individu dengan lingkungannya. Adjustment itu sendiri adalah mencakup aspek
kematangan emosional, kematangan intelektual, kematangan sosial dan tanggung jawab.
Menurut Hurlock, E.B Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri yang baik
(Well Adjustment) adalah kepribadian ekstrovert, yaitu mempunyai orientasi diri keluar
atau ekstrovert, siswa yang mempunyai kepribadian ekstrovert bersikap respek, empati
terhadap orang lain mempunyai kepedulian terhadap situasi, atau masalah-masalahnya
dan bersifat fleksibel dalam berpikirnya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada hubungan positif
antara Tipe Kepribadian dengan penyesuaian diri (Adjustment) siswa MTs Khodijah di
______________. Hipotesa pertama yang disajikan dalam penelitian ini adalah ada hubungan Tipe
Kepribadian dengan Penyesuaian Diri Siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Yakni,
mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor yang berkaitan dengan variasivariasi
pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan koefisien korelasi. Tehnik
pengumpulan data dilakukan melalui: (1)Observasi dan wawancara, (2)Skala psikologi,
(3)Dokumentasi. (4) Alat tes. Populasi penelelitian ini adalah kelas X sampai XI dengan
jumlah keseluruhan 116 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode
stratified sampling sebesar 60% sehingga sampel yang didapat berjumlah 70 siswa.
Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive. Adapun instrument
penelitian ini menggunakan alat tes EPI (Eysenck Personality Inventory) yang diadaptasi
dari tokoh psikologi kepribadian Hans Eysenk dari alat tersebut berjumlah 23 pernyataan
yang mengungkap tipe kepribadian ekstrovert-introvert, sedangkan untuk skala
penyesuaian diri mengacu pada aspek penyesuaian diri yang sehat dari Coleman, J. C.
dengan menggunakan skala likert yang berjumlah 50 pernyataan. Dengan alat analisis
melalui uji validitas, uji reliabilitas dan Rank Spearman.
Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif ini. didapat prosentasi antara tipe kepribadian
ekstrovert dan introvert. Dari 70 responden ada Pada kategori ekstrovert terdapat tipe
kepribadian ekstrovert 45 siswa dengan prosentase 64,3% dan pada kategori introvert 25
siswa dengan prosentase 36,7%. sedangkan tingkat penyesuaian diri pada kategori tinggi
terdapat 27 siswa dengan prosentase 38,6%, pada kategori sedang terdapat 33 siswa
dengan prosentase 47,1%, pada kategori rendah terdapat 10 siswa dengan prosentase
14,3%. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dengan menggunakan
analisis perhitungan Rank Spearman dengan bantuan program SPSS versi 15.0. Korelasi
Rank Spearman menunjukkan angka sebesar rxy = 0,716; Sig = 0,000 < 0,005.
Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian dengan
penyesuaian diri siswa di Madrasah Tsanawiyah Khadijah ______________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar