Kegiatan
belajar merupakan proses pendidikan di sekolah. Ini berarti bahwa
berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada
bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Kebiasaan
memiliki arti penting dalam meningkatkan ataupun menurunya prestasi belajar. Siswa
yang memiliki kebiasaan belajar yang efektif cenderung hidup dengan penuh disiplin
dan tanggung jawab dalam setiap tindakan belajarnya untuk mencapai prestasi belajar
yang tinggi. Kebiasaan belajar efektif bukan bawaan dari lahir, tetapi dapat dibentuk
dan ditanamkan pada siswa sejak sedini mungkin sebelum siswa berada pada jenjang
pendidikan yang lebih tinggi. Peran serta orangtua sangat mendukung dalam
pembentukan kebiasaan belajar yang efektif, karena untuk pertama kalinya
pendidikan diperkenalkan oleh komunitas terdekat dalam lingkup terkecil yaitu
keluarga. Dalam hal ini kondisi yang paling tepat untuk menanamkan kebiasaan belajar
dan pengisian waktu luang yang efektif dan terarah adalah siswa sekolah dasar. Sekolah
dasar merupakan pendidikan formal untuk pertama kalinya dilalui oleh siswa dan
merupakan sistem terpanjang dalam pendidikan di Indonesia karena ditempuh dalam
jangka waktu enam tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana
kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten,
___________________ ? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah
Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________ ? (3) Bagaimana hubungan antara kebiasaan belajar
efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Bedanten, ___________________ ?.
Berangkat dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini memiliki tujuan
antara lain: (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI
(Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________. (2) Untuk mengatahui prestasi belajar siswa
kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________. (3) Untuk mengetahui
apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa
kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kebiasaan
belajar efektif dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Subjek penelitian adalah
siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________, dengan jumlah
subjek seluruhnya adalah 60 siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini
berdasarkan teknik sampling nonprobabilitas dengan bentuk sampling purposive
(bertujuan) yaitu dengan maksud untuk tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu metode
dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan metode angket untuk
mengetahui bagaimana kebiasaan belajar. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur.
Alat ukur ini harus baik dan berkualitas supaya memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas dari alat ukur yang digunakan. Pada penelitian ini akan mengungkap
aspek-aspek yang terdapat pada angket kebiasan belajar dan angket pengisian waktu
berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada
bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Kebiasaan
memiliki arti penting dalam meningkatkan ataupun menurunya prestasi belajar. Siswa
yang memiliki kebiasaan belajar yang efektif cenderung hidup dengan penuh disiplin
dan tanggung jawab dalam setiap tindakan belajarnya untuk mencapai prestasi belajar
yang tinggi. Kebiasaan belajar efektif bukan bawaan dari lahir, tetapi dapat dibentuk
dan ditanamkan pada siswa sejak sedini mungkin sebelum siswa berada pada jenjang
pendidikan yang lebih tinggi. Peran serta orangtua sangat mendukung dalam
pembentukan kebiasaan belajar yang efektif, karena untuk pertama kalinya
pendidikan diperkenalkan oleh komunitas terdekat dalam lingkup terkecil yaitu
keluarga. Dalam hal ini kondisi yang paling tepat untuk menanamkan kebiasaan belajar
dan pengisian waktu luang yang efektif dan terarah adalah siswa sekolah dasar. Sekolah
dasar merupakan pendidikan formal untuk pertama kalinya dilalui oleh siswa dan
merupakan sistem terpanjang dalam pendidikan di Indonesia karena ditempuh dalam
jangka waktu enam tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana
kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten,
___________________ ? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah
Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________ ? (3) Bagaimana hubungan antara kebiasaan belajar
efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Bedanten, ___________________ ?.
Berangkat dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini memiliki tujuan
antara lain: (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI
(Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________. (2) Untuk mengatahui prestasi belajar siswa
kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________. (3) Untuk mengetahui
apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa
kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kebiasaan
belajar efektif dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Subjek penelitian adalah
siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, ___________________, dengan jumlah
subjek seluruhnya adalah 60 siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini
berdasarkan teknik sampling nonprobabilitas dengan bentuk sampling purposive
(bertujuan) yaitu dengan maksud untuk tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu metode
dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan metode angket untuk
mengetahui bagaimana kebiasaan belajar. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur.
Alat ukur ini harus baik dan berkualitas supaya memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas dari alat ukur yang digunakan. Pada penelitian ini akan mengungkap
aspek-aspek yang terdapat pada angket kebiasan belajar dan angket pengisian waktu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar