Salah satu
tugas perkembangan penting yang harus dikuasai remaja adalah
perkembangan penalaran moral. perkembangan penalaran moral merupakan
proses pemikiran yang ditunjukkan seseorang ketika memutuskan berbagai
tindakan yang benar atau salah. Penalaran moral dapat dipergunakan oleh remaja
untuk mengendalikan perilaku mereka. Dalam hal ini remaja mulai mempelajari
apa yang diharapkan oleh kelompok masyarakat, dan kemudian mau membentuk
perilakunya agar sesuai dengan harapan sosial. Penentuan perilaku moral
seseorang antara yang satu individu dengan individu yang lain tidak selalu sama.
Hal ini mengindikasikan adanya perkembangan moral. Perkembangan moral
menentukan bagaimana seorang individu menilai dunia luarnya, perkembangan
moral ini membedakan antara anak kecil, remaja dan orang dewasa dalam hal
penilaian baik buruk sebuah perilaku. Perkembangan penalaran moral ada
beberapa tingkatan yaitu tingkat prakonvensional,
konvensional, dan postkonvensional.
Untuk mencapai tingkat penalaran moral postkonvensional
kognitif, lingkungan, perhatian orang tua, penghayatan agama, dan canggihnya
teknologi modern serta pengalaman sangat penting dalam berpikir memutuskan
sesuatu sesuai dengan normanorma
yang ada dalam masyarakat.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan
penalaran moral siswa SMKN 2 ______________, untuk mengetahui tingkat perkembangan
penalaran moral mahasiswa fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim
______________, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat perkembangan
penalaran moral siswa SMKN 2 ______________ dan mahasiswa fakultas Psikologi UIN
_________________________________.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif komparatif. Sampel terdiri
dari 135 responden yang diantaranya terdiri dari 110 siswasiswi
SMKN 2
______________ dan 25 mahasiswamahasiswi
fakultas Psikologi UIN Maulana Malik
Ibrahim ______________. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampel random
atau sampel acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan skala.
Penghitungan analisis data dalam hasil penelitian ini menggunakan analisis
independent sample Ttest.
Setelah dilakukan analisis independent sample Ttest,
diperoleh nilai t hitung (0,918)
lebih kecil dari t table (1,645), maka dari hasil
perkembangan penalaran moral. perkembangan penalaran moral merupakan
proses pemikiran yang ditunjukkan seseorang ketika memutuskan berbagai
tindakan yang benar atau salah. Penalaran moral dapat dipergunakan oleh remaja
untuk mengendalikan perilaku mereka. Dalam hal ini remaja mulai mempelajari
apa yang diharapkan oleh kelompok masyarakat, dan kemudian mau membentuk
perilakunya agar sesuai dengan harapan sosial. Penentuan perilaku moral
seseorang antara yang satu individu dengan individu yang lain tidak selalu sama.
Hal ini mengindikasikan adanya perkembangan moral. Perkembangan moral
menentukan bagaimana seorang individu menilai dunia luarnya, perkembangan
moral ini membedakan antara anak kecil, remaja dan orang dewasa dalam hal
penilaian baik buruk sebuah perilaku. Perkembangan penalaran moral ada
beberapa tingkatan yaitu tingkat prakonvensional,
konvensional, dan postkonvensional.
Untuk mencapai tingkat penalaran moral postkonvensional
kognitif, lingkungan, perhatian orang tua, penghayatan agama, dan canggihnya
teknologi modern serta pengalaman sangat penting dalam berpikir memutuskan
sesuatu sesuai dengan normanorma
yang ada dalam masyarakat.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan
penalaran moral siswa SMKN 2 ______________, untuk mengetahui tingkat perkembangan
penalaran moral mahasiswa fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim
______________, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat perkembangan
penalaran moral siswa SMKN 2 ______________ dan mahasiswa fakultas Psikologi UIN
_________________________________.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif komparatif. Sampel terdiri
dari 135 responden yang diantaranya terdiri dari 110 siswasiswi
SMKN 2
______________ dan 25 mahasiswamahasiswi
fakultas Psikologi UIN Maulana Malik
Ibrahim ______________. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampel random
atau sampel acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan skala.
Penghitungan analisis data dalam hasil penelitian ini menggunakan analisis
independent sample Ttest.
Setelah dilakukan analisis independent sample Ttest,
diperoleh nilai t hitung (0,918)
lebih kecil dari t table (1,645), maka dari hasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar