Rabu, 30 November 2011

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KARTU GSM IM3 PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 0606373


HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KARTU GSM IM3 PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 0606373

Penelitian ini  berjudul Hubungan Bauran Pemasaran dengan Keputusan Membeli Kartu GSM IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran umum mengenai bauran pemasaran kartu GSM IM3, (2) mengetahui gambaran umum mengenai keputusan membeli kartu GSM IM3, dan (3) mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan keputusan membeli kartu GSM IM3 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Variabel yang digunakan adalah bauran pemasaran sebagai variabel bebas dan keputusan membeli sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menguji hipotesis, digunakan Spearman’s Rank. Sampel penelitian ini adalah 80 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang ditentukan secara stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia memiliki sikap yang positif dan negatif yang hampir berimbang terhadap bauran pemasaran kartu GSM IM3, (2) rata-rata mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia memiliki tingkat keputusan membeli yang tinggi terhadap kartu GSM IM3, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran dengan keputusan membeli kartu GSM IM3 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, dengan koefisien korelasi sebesar 0.698. Aspek bauran pemasaran yang memiliki hubungan yang positif dengan keputusan membeli adalah aspek produk, harga, dan promosi, sedangkan aspek yang memiliki hubungan yang negatif adalah aspek tempat distribusi. Adapun saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada pihak produsen kartu GSM IM3 agar memperhatikan kualitas sinyal, operator, keragaman dan kemasan, harga, iklan dan promosi dari kartu GSM IM3, sedangkan untuk (2) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan menggunakan karakteristik sampel dan metode yang berbeda agar mendapatkan hasil yang lebih mendalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar