Rabu, 30 November 2011

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pembentukan Identitas Vokasional Remaja (Studi Deskriptif Korelasional pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bandung Tahun Ajaran 2009/2010) 0606284


Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pembentukan Identitas Vokasional Remaja (Studi Deskriptif Korelasional pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bandung Tahun Ajaran 2009/2010) 0606284

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Penemuan identitas diri merupakan tugas sentral pada masa remaja, salah satunya adalah identitas vokasional yang meliputi bidang pendidikan dan pekerjaan. Remaja membutuhkan dukungan dari orang tua untuk menuntaskan tugas perkembangannya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola orang tua dengan pembentukan identitas vokasional khususnya yang berkaitan dengan pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Bandung tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 106 orang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran bahwa pola asuh yang dirasakan siswa cenderung authoritative dan status identitas vokasional cenderung achievement. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik chi-square (koefisien kontingensi) dengan =537; = 0,05 dan dk = 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dan pembentukan identitas vokasional memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi kontingensi sebesar 0.720. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima artinya terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan identitas vokasional pada siswa kelas XI SMAN 4 Bandung tahun ajaran 2009/2010. Hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan identitas vokasional khususnya yang berkaitan dengan pilihan jurusan di perguruan tinggi menunjukkan bahwa peran penting orang tua turut mewarnai pembentukan identitas vokasional remaja. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak sekolah untuk memberikan informasi kepada orangtua untuk membimbing anak dalam melakukan eksplorasi dan menetapkan komitmen dalam pembentukan identitas vokasional remaja terutama dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih komprehensif lagi yakni dengan menambahkan jumlah responden, metode yang berbeda dan menambahkan variabel-variabel lain yang berhubungan dengan pola asuh orang tua dan identitas vokasional. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar