Sabtu, 19 November 2011

KONDISI STRES SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA :Penelitian deskriptif Tentang Tingkatan Stres Siswa SMK Negeri 992873


KONDISI STRES SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA
:Penelitian deskriptif Tentang Tingkatan Stres Siswa SMK Negeri 992873
Penelitian ini berangkat dari kenyataan di lapangan bahwa siswa remajadalam hal ini penulis fokuskan pada siswa remaja di SMK merupakan individu yang sangat rentan mengalami stres, hal ini terjadi dikarenakan seorang siswa SMK berada dalam tahap perkembangan remaja akhir, dimana kondisi lingkungan mengharuskan siswa bertindak, dan bertanggungjawab seperti layaknya orang dewasa, tapi tak jarang orang tua juga masih menganggap siswa masih terlalu muda untuk mengambil keputusan sendiri.  Kondisi pada diri pribadi siswa juga terjadi sikap ambivalen, seperti layaknya siswa remaja akhir yang menginginkan kebebasan untuk bertindak dan mengambil keputusan,  serta lepas dari orang tua tapi seringkali ia takut untuk bertanggungjawab dengan pilihannya, dan berbagai kondisi terutama ekonomi yang tidak memungkinkan siswa untuk mandiri atau lepas dari orangtua. Kondisi lingkungan dan kondisi diri tersebut tidak jarang menjadi faktor penyebab stres bagi siswa.

Kondisi dan faktor-faktor penyebab stres yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu suatu keadaan/kejadian/situasi internal siswa (Fisik, kognitif, dan kepribadian) dan eksternal siswa (lingkungan keluarga, linngkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat) yang dapat menyebabkan atau menimbulkan keadaan derajat stres pada siswa SMK.

Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas atu dan kelas dua SMK Negeri 12 Bandung, dengan sampel sebanyak 3 kelas dari enam kelas untuk masing-masing tingkat. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengidentifikasi kondisi dan faktor-faktor penyebab stres pada siswa SMK yang telah teruji validitas dan realibitasnya.

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu : 1) Secara umum siswa SMKN 12 Bandung tahun pelajaran 2007/2008 memiliki kondisi stres yang rendah dan sedang. 2) Dilihat dari kondisi stres tiap aspek seluruh siswa SMK Negeri 12 Bandung, sebagian besar siswa mengalami kondisi stres yang tinggi dalam aspek lingkungan sekolah. 3) Faktor penyebab stres pada siswa di SMK Negeri 12 Bandung diantaranya ialah sifat pribadi guru dan teman untuk aspek lingkungan sekolah, dan karena memikirkan dua hal secara bersamaan serta tidak sabar untuk aspek kepribadian. 4) Faktor dominan penyebab stres pada siswa SMK Negeri 12 Bandung tahun pelajaran 2007/2008 yaitu aspek lingkungan sekolah yang tergolong dalam faktor eksternal.

Penelitian ini menghasilkan rekomendasi kepada para pendidik dalam PBM, kepada siswa, orang tua, pihak sekolah, dan bagi pelaksanaan layanan kegiatan bimbingan dan konseling, serta bagi peneliti selanjutnya.
DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar