Sabtu, 19 November 2011

KONTRIBUSI STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA : Studi Deskriptif Analitik terhadap Siswa SMAN 0704009


KONTRIBUSI STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA : Studi Deskriptif Analitik terhadap Siswa SMAN  0704009

Permasalahan dalam penelitian  adalah pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian  difokuskan pada hubungan korelasional antara status sosial ekonomi keluarga dan penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar siswa.. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas XI tahun pelajaran 2009/2010 Sekolah Menengah Atas Negeri 25 Bandung yang berjumlah 306 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi prestasi belajar siswa dan angket status sosial ekonomi serta angket penyesuaian sosial. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis regresi dan analisis koefisiensi korelasi. Hasil penelitian menunjukan status sosial ekonomi siswa kelas XI di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 25 Bandung secara keseluruhan tergolong pada kategori sedang cenderung tinggi dan penyesuaian sosial secara keseluruhan termasuk pada kategori memadai, prestasi belajar secara keseluruhan pada kategori sedang cenderung tinggi. Artinya status sosial ekonomi keluarga dan penyesuaian sosial berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Rekomendasi yang didapat dari hasil penelitian adalah dalam memberikan layanan bimbingan guru hendaknya memperhatikan latar belakang kondisi keluarga, seperti status sosial ekonomi dan penyesuaian diri siswa .DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar