Sabtu, 19 November 2011

PENYESUAIAN DIRI LANSIA DI PANTI WERDHA BERDASARKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK TINGGAL DI PANTI WERDHA (Studi Kasus Terhadap Empat Lansia yang Atas Keinginan Sendiri dan Bukan Atas Keinginan Sendiri Tinggal di Panti ( 060425 )


PENYESUAIAN DIRI LANSIA DI PANTI WERDHA BERDASARKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK TINGGAL DI PANTI WERDHA (Studi Kasus Terhadap Empat Lansia yang Atas Keinginan Sendiri dan Bukan Atas Keinginan Sendiri Tinggal di Panti Werdha Budi Pertiwi Bandung) ( 060425 )
Penelitian bertujuan memperoleh data deskriptif penyesuaian diri lansia di Panti Werdha Budi Pertiwi Bandung atas keinginan sendiri dan bukan keinginan sendiri dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitan berjumlah empat orang, dipilih secara purposive sampling, dua orang keinginan sendiri dan dua orang bukan keinginan sendiri. Pengumpulan data dengan wawancara dan observasi tak berstruktur dengan instrument peneliti itu sendiri. Teori yang digunakan, yaitu Teori Penyesuaian Diri Lansia oleh Hurlock yang ditentukan oleh kualitas pola perilaku, perilaku emosional, perubahan pola kepribadian dan derajat kepuasan atau kebahagiaan hidup. Hasil penelitian menunjukkan lansia yang tinggal atas keinginan sendiri cenderung mampu menyesuaikan diri dan yang tinggal bukan keinginan sendiri cenderung tidak mampu menyesuaikan diri di panti werdha. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan adanya tambahan program penyesuaian diri lansia di panti werdha Budi Pertiwi Bandung berupa kegiatan lansia bersahabat dan talk show mengenai lansia. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar