Jumat, 02 Desember 2011

EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (PENELITIAN PRA EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X TSM SMKN 8 BANDUNG) 044866


EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (PENELITIAN PRA EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X TSM SMKN 8 BANDUNG) 044866

Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa SMK Negeri 8 Bandung tahun ajaran 2009/2010. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, metode Pra-Eksperimen dengan desain Pra test Pasca test satu kelompok atau One Group Pretest-Postest Design.teknik pengambilan sampel menggunakan Non Random Purposive Sampling, dengan mengambil satu kelompok atau satu kelas. Teknik analisis data dengan menggunakan ukuran gejala pusat, yaitu rata-rata (mean), presentase, dan simpangan baku. Untuk mengetahui efektivitas teknik restrukturisasi kognitif, teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata berpasangan (paired-t test).

Hasil penelitian sebagai berikut : (1) sebagian besar siswa memiliki konsep diri akademik pada kategori sedang yang berarti sebagian besar siswa sudah dapat mengembangkan konsep diri akademiknya walaupun belum ajeg, sebagian kecil berada pada kategori tinggi dan rendah; (2) siswa yang berada pada kategori tinggi dan sedang belum dapat disimpulkan mampu mengembangkan konsep diri akademiknya pada seluruh area konsep diri akademik karena siswa ini masih mengalami hambatan pada beberapa area konsep diri akademik, sedangkan siswa yang berada pada kategori rendah masih menemukan kesulitan hampir diseluruh area konsep diri akademik; (3) Kecenderungan area konsep diri akademik belum dapat digunakan secara optimal, hampir pada semua area namun lebih banyak terletak pada tiga area terendah yaitu penampilan diri, memiliki rasa bangga dan malu, dan keberartian diri. Dan perkembangan konsep diri akademik yang tergolong pada ketegori tinggi yaitu : kemandirian dalam menghadapi situasi akademik, kepercayaan diri, dan kemampuan diri. (4) Teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa namun belum sepenuhnya efektif untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa.    DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar