Sabtu, 03 Desember 2011

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR (SD) (Studi Korelasional pada Forum Komunikasi Guru Honorer Sekolah di Kota Bandung 2010-2011) 0700707


HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR (SD) (Studi Korelasional pada Forum Komunikasi Guru Honorer Sekolah di Kota Bandung 2010-2011) 0700707


Burnout merupakan gejala yang lebih banyak ditemukan pada bidang pekerjaan sosial dibandingkan pekerjaan lainnya. Profesi guru honorer merupakan salah satu bidang pekerjaan sosial yang beresiko tinggi untuk terkena stres kerja yang bersifat kronis yang memungkinkannya untuk dapat menimbulkan burnout. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya burnout adalah dukungan sosial yang didapat baik dari atasan, teman sejawat, dan keluarga. Dukungan sosial dinilai berhubungan langsung dengan burnout, dan dapat mengurangi terjadinya burnout Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik kejelasan hubungan antara dukungan sosial dengan burnout pada guru honorer di Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan kepada guru honorer yang mengajar di Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung  sebanyak 100 orang guru honorer. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui gambaran umum dukungan sosial dengan burnout. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Rank Spearman dengan α = 0,05 dengan bantuan software SPSS Versi 17.0. for windows. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat korelasi yang negatif dan signifikan antara dukungan sosial dengan burnout pada guru honorer di Kota Bandung dengan tingkat hubungan yang sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar -0,149. Nilai korelasi yang rendahmenunjukkan bahwa burnout yang terjadi pada guru honorer SD di Kota Bandung bukan disebabkan dukungan sosial yang didapatkan. Saran bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian serupa, diharapkan untuk meneliti dengan menggunakan sampel yang lebih luas dan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar