Jumat, 02 Desember 2011

HUBUNGAN PENERAPAN DISIPLIN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Korelasional pada Siswa Kelas V SDN Gegerkalong 1-2 Tahun Ajaran 2009/2010) 0606631


HUBUNGAN PENERAPAN DISIPLIN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
(Studi Korelasional pada Siswa Kelas V SDN Gegerkalong 1-2 Tahun Ajaran 2009/2010) 0606631


Orang tua merupakan figur yang paling banyak memberikan pengaruh pada kehidupan anak. Orang tua mengajarkan anak kebiasaan baik yang dibutuhkan dalam mencapai prestasi, melalui penerapan disiplin. Penerapan disiplin dapat menjadi dorongan positif dan dapat pula negatif, tergantung dari cara orang tua menerapkan disiplin. Penelitian ini bertujuan mengetahui kejelasan empirik mengenai hubungan antara penerapan disiplin orang tua dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Gegerkalong 1-2 tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 85 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan satu kuesioner untuk mengetahui gambaran penerapan disiplin orang tua dan rapor semester 1 kelas V SDN Gegerkalong 1-2 dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik chi-square (koefisien kontingensi) dengan =537; = 0,05 dan dk = 2 melalui bantuan program SPSS Versi 16.0. for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan disiplin orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan tingkat hubungan yang lemah (koefisien kontingensi sebesar 0,32). Saran bagi peneliti selajutnya yang melakukan penelitian serupa, diharapkan untuk meneliti dengan mengambil sampel yang lebih luas, pada sampel dengan karakteristik lain serta menggunakan metode yang berbeda. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar