Jumat, 02 Desember 2011

Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 2 SMK 0700042


Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 2 SMK 0700042


Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran mengenai kecerdasan emosional dan perilaku agresif serta hubungan diantara keduanya pada siswa kelas 2 SMK 45 Lembang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik studi korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional dan perilaku agresif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMK 45 Lembang sebanyak 81 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kecerdasan emosinal yang tinggi  dan perilaku agresif yang rendah. Berdasarkan hasil uji korelasional dengan teknik product moment, didapat koefisien korelasi yang negatif sebesar     -0.572. Ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa maka semakin rendah perilaku agresifnya. Diketahui pula, kecerdasan emosional berkontribusi sebesar 32.7% terhadap perilaku agresif siswa. Diharapkan dengan mengetahui hasil penelitian pihak sekolah dapat meningkatkan kecerdasan emosional bagi siswa yang masih memiliki tingkat kecerdasan emosional yang sedang maupun rendah untuk mencegah terjadinya perilaku agresif dengan cara melakukan program keterampilan sosial, program keterampilan kognitif, dan program keterampilan perilaku. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar