Sabtu, 03 Desember 2011

TAGLINE IKLAN IM3 DI TELEVISI DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Korelasi Antara Persepsi Pelanggan dengan Loyalitas di Kalangan Mahasiswa UPI ) 0700464


TAGLINE IKLAN IM3 DI TELEVISI DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Korelasi Antara Persepsi Pelanggan dengan Loyalitas di Kalangan Mahasiswa UPI ) 0700464

Tanggapan pemirsa televisi terhadap suatu iklan ditentukan oleh persepsi pemirsa, baik persepsi positif maupun negatif. Salah satunya tagline iklan IM3 yang menimbulkan pesan tersendiri pada pelanggan. Persepsi positif dan negatif dapat menentukan pelanggan loyal dan tidak loyal.Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran umum persepsi tagline iklan IM3 di televisi dan loyalitas pelanggan, hubungan diantara keduanya di kalangan mahasiswa UPI serta pendapat IM3 di kalangan mahasiswa UPI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif deskriptif dengan metode korelasional. Untuk mendapatkan hasil yang tidak hanya signifikansi statistik maka peneliti memperkuat dengan menambahkan data kualitatif berupa angket terbuka. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui gambaran umum tagline iklan IM3 ditelevisi dan loyalitas pelanggan. Subjek dalam penelitian ini adalah 85 orang mahasiswa UPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tagline iklan IM3 di televisi positif dan tingkat loyalitas pelanggan tergolong sedang. Berdasarkan hasil uji korelasional dengan teknik product moment, didapat koefisien korelasi positif yang berarti semakin positif persepsi tagline iklan IM3 di televisi  semakin tinggi tingkat loyalitasnya. Terdapat kontribusi persepsi tagline iklan IM3 sebesar 7% terhadap loyalitas. Hasil analisis isi diperoleh pendapat positif mengenai IM3 serta rentang waktu pemakaian IM3 yang mendukung loyalitas. Untuk peneliti selanjutnya, direkomendasikan memperluas cakupan yang dibahas, melibatkan subjek bukan hanya pengguna IM3 sehingga hasilnya variatif, meneliti semua profider dengan subjek yang lebih banyak. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat melakukan penelitian faktor lain seperti persepsi atribut merek, perilaku konsumen, performance bintang iklan. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar