Jumat, 02 Desember 2011

HUBUNGAN CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN KAFE NGOPI DOELOE BANDUNG (Studi Korelasional pada Pelanggan Kafe) 0704164


HUBUNGAN CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN KAFE NGOPI DOELOE BANDUNG (Studi Korelasional pada Pelanggan Kafe)0704164


Ketatnya persaingan bisnis di bidang industri produk dan jasa membuat pelaku bisnis kedai kopi harus mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dengan kedai kopi lain yang sejenis. Kualitas produk yang ditawarkan tidak lagi menjadi standar suatu usaha karena hampir seluruh pelaku bisnis dapat menyediakan produk berkualitas tinggi. Satu-satunya elemen yang sulit ditiru adalah merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik kejelasan hubungan antara citra merek dengan loyalitas pelanggan pada Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung. Penelitian dilaksanakan pada pelanggan Kafe “Ngopi Doeloe” sesuai kriteria yang telah ditentukan di lima gerai Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung yang berlokasi di Jalan Hasanudin, Jalan Teuku Umar, Jalan Purnawarman, Jalan Burangrang, dan Jalan Ranggamalela sebanyak 100 orang pelanggan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui gambaran umum citra merek dan loyalitas pelanggan. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan α = 0,05 dengan bantuan software SPSS Versi 17.0. for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara citra merek dengan loyalitas pelanggan di Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung dengan tingkat hubungan yang cukup dengan koefisien korelasi sebesar +0,574. Nilai korelasi yang sedang menunjukkan bahwa citra merek Kafe “Ngopi Doeloe” belum mampu membuat konsumen potensial menjadi loyal kepada Kafe “Ngopi Doeloe”. Saran bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian serupa, diharapkan untuk meneliti dengan menggunakan sampel yang lebih luas dan menggunakan metode penelitian yang berbeda. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar