Jumat, 02 Desember 2011

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Korelasional pada Siswa Kelas 2 RSBI di SMP Negeri 0700080


HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Korelasional pada Siswa Kelas 2 RSBI di SMP Negeri  0700080

Sekolah-sekolah bertaraf internasional sekarang sudah banyak bermunculan di masyarakat, sekolah-sekolah tersebut bermaksud mewadahi siswa-siwa yang memiliki kemampuan yang baik dan memiliki bakat tertentu. Dengan bersekolah di sekolah yang memiliki sistem khusus diharapkan siswa akan lebih dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dan ikut dalam persaingan global. Fenomena tersebut melatarbelakangi penelitian mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan kreativitas siswa-siswa yang bersekolah di sekolah bertaraf internasional atau biasa kita sebut Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI). Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum mengenai profil kecerdasan emosional siswa, profil kreativitas siswa, dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kreativitas siswa. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 2 RSBI di SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2010/2011. Instrumen yang dipakai menggunakan teori dari Goleman (2007) untuk kecerdasan emosional, menggunakan alat Tes Kreativitas Verbal (TKV) dan Tes Kreativitas Figural (TKF) yang dikembangkan oleh Munandar (1999) untuk mengukur kreativitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik Pearson’s Product Moment. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) kecerdasan emosional yang dimiliki siswa sudah terbilang baik karena sebagian besar siswa berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 81,1%, 2) kreativitas yang dimiliki oleh siswa berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 58,5%, 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara kecerdasan emosional dengan kreativitas siswa, dengan rhit=0,922 yang lebih besar dari rtab=0,266 dengantaraf signifikansi 0,05%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emsional siswa, maka semakin tinggi pula kreativitas siswa tersebut. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar