Jumat, 02 Desember 2011

KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK (Studi Komparatif Pembelian BlackBerry Berdasarkan Atribut Produk Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Institut Manajemen Telkom Bandung) 0704725


KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK
(Studi Komparatif Pembelian BlackBerry Berdasarkan Atribut Produk Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Institut Manajemen Telkom Bandung)0704725


Blackberry merupakan alat komunikasi nirkabel yang tidak hanya menyediakan standar telekomunikasi seperti handphone biasa karena Blackberry merupakan teknologi terbaru saat ini. Dalam memilih suatu produk, konsumen tidak terlepas dari atribut produk yg dpt dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keputusan pembelian BlackBerry berdasarkan kualitas produk, (2) keputusan pembelian BlackBerry berdasarkan fitur produk, (3) keputusan pembelian BlackBerry berdasarkan gaya dan desain produk, (4) perbedaan yang signifikan antara keputusan pembelian BlackBerry berdasarkan aspek-aspek dalam atribut produk BlackBerry pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika  Institut Manajemen Telkom Bandung.

    Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif untuk membandingkan aspek-aspek yang terdapat dalam atribut BlackBerry pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Institut Manajemen Telkom Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Kotler (2005) untuk kuesioner keputusan pembelian BlackBerry berdasarkan atribut produk. Kuesioner diberikan kepada 80 Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika  Institut Manajemen Telkom Bandung yang menggunakan BlackBerry. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji Friedman.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika  Institut Manajemen Telkom Bandung yang menggunakan BlackBerry mengkategorikan atribut produk sebagai faktor yang cukup mempengaruhi keputusan pembelian BlackBerry. Aspek dari atribut produk yang paling mempengaruhi keputusan pembelian BlackBerry  adalah aspek dari fitur produk, sedangkan aspek yang kurang mempengaruhi pembelian BlackBerry adalah aspek kualitas produk. Probabilitas  dalam penelitian ini ≤ 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keputusan pembelian berdasarkan aspek-aspek dalam atribut produk dari BlackBerry.

    Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada Perusahaan Research in Motion (RIM) sebaiknya terus berusaha menciptakan inovasi-inovasi terbaru lagi agar dapat bertahan bersaing dengan perusahaan handphone lainnya seperti sekarang ini. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar