Jumat, 02 Desember 2011

KORELASI ANTARA KUALITAS RELASI PERTEMANAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Terhadap Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri ) 0606830


KORELASI ANTARA KUALITAS RELASI PERTEMANAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Terhadap Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri ) 0606830

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas  relasi  pertemanan, prestasi belajar, dan hubungan di antara keduanya pada remaja kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Rancaekek.Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan model deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui kualitas relasi pertemanan yang disusun berdasarkan teori kualitas relasi pertemanan oleh Berndt & Murphy (2002), dan menggunakan nilai raport asli untuk melihat prestasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 41 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Rancaekek di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas  relasi  pertemanan dalam katagori sedang dan prestasi belajar dalam katagori sedang.  Pada uji korelasi dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 17.0 diperoleh nilai Sigsebesar 0,021 dan angka tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak serta koefisien korelasinya sebesar 0,320. Hal Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas relasi pertemanan dengan  prestasi belajar pada remaja kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Rancaekek. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kualitas relasi pertemanan yang baik antara individu dan temannya yang dilandasi oleh bagaimana penilaian individu terhadap hubungan pertemanan antara dirinya dan temannya yang berdampak positif dengan prestasi belajar di sekolah yang menunjukkan bahwa kebanyakan dari mereka memiliki nilai diatas rata-rata. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar