Kamis, 24 Mei 2012

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Diri Siswa Baru MAN Tempursari Ngawi 169


Kecerdasan emosional merupakan suatu cara seseorang untuk dapat
menyesuaiakan diri dengan lingkungannya. Disini kecerdasan emosional akan
berperan penting dalam penyesuaian diri siswa baru MAN Tempursari, yang
nantinya siswa baru tersebut bisa menggunakan kecerdasan emosionalnya untuk
melakukan penyesuian diri di lingkungan sekolahnya. Kecerdasan emosional akan
membuat siswa dapat bersikap proaktif untuk memilih respon. Karena siswasiswa
baru memiliki kecerdasan emosional untuk memilih dan mengelola respon.
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah
bagaimana kecerdasan emosional siswa baru, bagaimana penyesesuaian diri siswa
baru, dan apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan penyesuaian diri
siswa baru MAN Tempursari Ngawi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan
emosional pada siswa baru MAN Tempursari, Mengetahui penyesuain diri pada
siswa baru MAN Tempursari, Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional
dan penyesuain diri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional, dimana dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu variable
bebas dan terikat, dengan mengetahui sejauh mana variable bebas yaitu
kecerdasan emosional berhubungan dengan variable terikat penyesuaian diri.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa baru MAN Tempursari Ngawi dengan
jumlah 204 siswa, dan peneliti menggunakan teknik sampling random, yang mana
pengambilan sempel pada penelitian ini adalah acak. Dan dari 204 siswa kelas 1
maka diambil 25% untuk dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data
dilakukan dengan penyebaran kuesioner kecerdasajn emosional pada siswa dan
kkuesioner penyesuaian diri siswa. Sebelum penyebaran kuesioner, peneliti juga
melakukan wawancara dengan beberapa murid dan guru. Data dianalisis dengan
Product Moment Correlation dari Pearson, untuk realibilitas peneliti
menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Berdasarkan analisa penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: dalam
pengkategorian kecerdasan emosional siswa baru MAN Tempursari Ngawi
hanya terdapat tiga kategori yang mana pada kategori yang tinggi adalah 69 %
dan sedang adalah 31 %. Sedangkan pada kategori rendah tidak ada siswa baru
MAN tempursari yang perada dalam kategori rendah. Dan pada tingkat
penyesuaian diri siswa baru MAN Tempursari Ngawi, siswa yang barada pada
kategori tinggi adalah 53 % dan pada kategori rendah adalah 47 %. Sama
seperti kecerdasan emosional disini siswa tingkat penyesuaian dirinya tidak ada
yang berada pada kategori rendah. Sedangkan hasil analisis korelasi
menyatakan tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dan penyesuaian
diri siswa baru MAN Tempursari Ngawi, dengan nilai rhit = 0,198. Dengan N
adalah 51 dan nilai rtabel adalah 0.163. Dikatakan signifikan atau mempunyai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar