Kamis, 24 Mei 2012

Hubungan Interaksi Orang Tua-Anak terhadap Perasaan Takut Anak Usia Praoperasional di Taman Kanak-Kanak (TK) Muslimat NU Sumbersari Kota ______________ 173


Dunia anak merupakan dunia bermain, tempat mereka bersenang-senang dengan lingkungan sekitarnya. Masa kanak-kanak merupakan masa yang terpanjang dalam rentang kehidupan, saat individu relatif tidak berdaya dan tergantung pada orang lain. Usia yang paling menonjol dalam masa ini adalah meniru pembicaraan dan tindakan orang lain. Interaksi yang dilakukan oleh orang tua dengan anak merupakan sosok yang diimitasi oleh anak pada saat di rumah.
Lingkungan keluarga merupakan interaksi pertama kali yang dilakukan antara anak dengan orang tua. Perilaku yang dimunculkan oleh orang tua akan membekas pada anak, jika anak mempunyai perasaan takut kemungkinan besar perasaan tersebut merupakan pengalaman yang diperoleh dari sebelumnya. Permasalahan ini memunculkan sebuah pertanyaan baru yang mengkaji dan meneliti hubungan interaksi orang tua-anak terhadap perasaan takut anak usia praoperasional di Taman Kanak-Kanak (TK) Muslimat NU Sumbersari Kota ______________.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif korelasional. Variabel bebas adalah interaksi orang tua (demokratis), sedangkan variabel terikatnya adalah perasaan takut. Penelitian ini bersifat penelitian populatif karena subjek yang diteliti sebanyak 44 orang. Pengambilan data dengan metode angket dengan 90 item, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan Alpa Cronbach.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa interaksi orang tua anak di TK Muslimat NU Sumbersari Kota ______________ bersifat demokratis. Data korelasi diatas interaksi orang tua = 0,158 < = 0,384. Dapat disimpulkan bahwa dari interaksi orang tua (Demokratis) ada korelasi terhadap perasaan takut anak, akan tetapi arah korelasi tersebut bersifat negatif. rhitungrtabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar