Kamis, 24 Mei 2012

Pengaruh pemberian motivasi belajar guru Bimbingan dan Konseling (BK) terhadap prestasi belajar siswaDi Madrasah Aliyah Negeri 1 ______________ 180


Ada banyak tantangan yang dihadapi guru dalam meng-implementasikan
Pendidikan yang berkualitas di Indonesia, Dalam menghadapi tantangan itu akan
sangat tergantung pada profesionalisme guru. Guru profesional akan dapat
menyelenggarakan proses pembelajaran dan penilaian yang menyenangkan bagi
siswa dan guru, sehingga dapat mendorong tumbuhnya kreativitas belajar pada
diri siswa.
Salah satu tujuan dalam layanan bimbingan dan konseling adalah untuk
mengembangkan bakat, motivasi dan prestasi belajar siswa. Ketiga hal tersebut
memiliki keterkaitan yang erat dalam pelaksanaan proses pendidikan di sekolah.
Bakat tidak akan berkembang jika tidak ada motivasi baik dari dalam diri siswa
maupun dari lingkungan sekitar. Jika motivasi tidak ada maka akan berpengaruh
pada prestasi belajar di sekolah.
Sampel dari penelitian ini adalah 104 Siswa. Adapun pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling, dengan alasan
bahwa siswa yang diperbolehkan untuk dijadikan sampel penelitian adalah hanya
satu tingkatan saja yaitu kelas X sedangkan sampel yang diambil adalah kelas
X.A, X.C, X.F. dintaranya Siswa yang masih bersekolah di MAN 1 ______________,
berjenis kelamin laki-laki dan perempuan
Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan korelasi Product Moment
karl person untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji
reliabilitas aitem angket dengan skor 0,858 untuk Motivasi Belajar. Untuk
menguji hipotesisnya, digunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson,
dengan hasil xy r = 0,730 dengan p=0000 taraf signifikansi <0,050 dan r tabel sebesar
0,195 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitan ini semakin tinggi Pemberian
Motivasi Belajar guru BK maka semakin tinggi pula Prestasi belajar siswa. Serta
dari penelitian ini di dapat koefisien determinasinya sebesar sebesar r 2 = 0,730 2 =
0,533 yang artinya ada sumbangan efektif 53,3% variabel Pemberian Motivasi
Guru BK dengan semua aspek yang terkandung didalamnya terhadap Prestasi
belajar siswa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar