Kamis, 24 Mei 2012

Transinternalisasi Nilai: Implementasi Pendidikan Nilai di SDN 5 Krebet ____________ 168


Semakin banyaknya fenomena pelanggaran nilai-nilai oleh generasi muda, ditengarai sebagai salah satu kegagalan misi pendidikan. Di Indonesia, pendidikan sebagai salah satu sub-sistem sosial memiliki peran penting dalam rangka mencetak generasi yang sehat dan beradab. Hal ini penting untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang hampir hilang di negeri ini, untuk kemudian dilakukan penyadaran ulang, guna menjadikan iklim di negeri ini lebih damai dan beradab. Salah satu tema pendidikan yang belum mendapat perhatian yang semestinya dari berbagai pihak adalah tema pendidikan nilai. Asumsi dasar pendidikan nilai adalah bahwa orientasi pendidikan tidak lagi hanya terbatas pada penyediaan tenaga kerja, melainkan juga pembentukan kepribadian peserta didik yang sehat sebagai individu dan sebagai warga negara.
Penelitian ini bermaksud memahami dengan lebih mendalam implementasi pendidikan nilai di SDN 5 Krebet ____________, sebagai salah satu lembaga pendidikan di ____________, ___________________. tepatnya di Dusun Sidowayah. Dusun ini beberapa tahun terakhir disebut-sebut dalam berbagai tayangan di televisi dan berita di surat kabar sebagai dusun yang terkenal dengan fenomena kekurangan gizi dan retardasi mental.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan dua tahap: yaitu reduksi fenomenologis, dan reduksi editik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelmentasi pendidikan nilai di SDN 5 Krebet ____________ menggunakan metode value clarification, value analysis, moral awareness, union approach, dan satu lagi pendekatan yang berbeda dengan kebanyakan metode yang dikenal dalam pendidikan nilai, yaitu pendekatan ini menunjukkan hubungan personal antara guru dengan murid. Proses transinternalisasi nilainya adalah: menyimak, menanggapi, memberi nilai, organisasi nilai, dan karakterisasi nilai. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa para siswa sebenarnya tidak selalu memberikan respon yang bagus terhadap upaya-upaya pendidikan nilai. Kadang mereka menunjukkan respon yang negatif, seperti membantah guru, dan lain-lain. Akan tetapi, hal ini juga menunjukkan proses pemahaman nilai-nilai yang sedang dialami oleh siswa.
Makna implementasi pendidikan nilai yang di dalamnya meliputi tujuan-tujuan pendidikan nilai di SDN 5 Krebet ____________ antara lain adalah untuk membekali siswa dengan kepemilikan nilai-nilai, untuk memotivasi siswa agar tetap optimis di tengah kondisi yang serba sulit, untuk meminimalkan pandangan negatif tentang fenomena retardasi mental di dusun mereka dan untuk mengenalkan kepada mereka nilai-nilai yang mereka butuhkan dalam hidup bermasyarakat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar