Senin, 21 Mei 2012

Hubungan antara Pola Asuh Orangtua dengan Penyesuaian Sosial siswa kelas 1 SMKN2 ______________ 117


Keluarga merupakan tempat pertama dan utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan. Peranan pola asuh yang diterapkan orang tua mempunyai pengaruh yang cukup berarti bagi perkembangan anak sehingga pola asuh dapat dimengerti sebagai pola interaksi antara orang tua dan anak selama merawat dan mengasuh anak. Jika pola asuh yang diberikan kepada anak secara otoriter anak akan cenderung bersikap menolak diri. Jika orangtua mendidik anak dengan pola asuh demokratis anak akan sadar diri dan bertanggung jawab secara sosial. Dan jika orangtua mendidik anak dengan pola asuh permisif maka anak akan cenderung bersikap semaunya sendiri sehingga kurang mampu menjalin persahabatan. Jika anak mempunyai hubungan sosial memuaskan dengan anggota keluarga, maka anak akan menikmati sepenuhnya hubungan sosial di luar keluarga baik di sekolah, maupun dalam masyarakat. Penelitian ini membahas tentang 1). Bagaimana jenis pola asuh orangtua Siswa SMKN 2 ______________, 2).Bagaimana tingkat penyesuaian sosial Siswa SMKN 2 ______________, dan 3).Apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan penyesuaian sosial pada Siswa SMKN 2 ______________.
Pola asuh adalah cara yang digunakan orangtua dalam mencoba berbagai strategi untuk mendorong anak mencapai tujuan yang diinginkan. Pola asuh orangtua ada 3 macam yaitu: 1). Pola asuh otoriter adalah pola asuh yang menekankan batasan dan larangan, orangtua sangat menghargai anak-anak yang patuh terhadap apa yang diperintahkan kepada mereka dan tidak melawan. 2). Pola asuh demokratis mendorong anak untuk bebas tetapi tetap memberikan batasan dan mengendalikan tindakan-tindakan mereka. dan 3). Pola asuh permisif adalah pola asuh yang tidak memberikan struktur dan batasan-batasan yang tepat bagi anak-anak mereka. Penyesuaian sosial diartikan sebagai keberhasilan seseorang untuk menyesuaiakan diri terhadap orang lain pada umumnya dan terhadap kelompok pada khususnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dengan populasi siswa kelas 1 SMKN 2 ______________ dan sampel yang diambil sebanyak 110 siswa kelas 1 SMKN 2 ______________. Dengan menggunakan teknik random. Metode pengumpulan data melalui angket. Analisis data menggunakan Analisis Variant dan Product Moment.
Hasil penelitian tentang pola asuh orangtua dengan penyesuaian sosial menunjukkan bahwa 1). Jenis pola asuh orangtua siswa kelas 1 di SMKN 2 ______________, adalah pola asuh demokratis. Hal ini ditunjukkan dengan frekuensi 58 dan presentasenya sebesar 53%. 2). Tingkat penyesuaian sosial pada siswa SMKN 2 ______________ berada pada kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan frekuensi 41 dan presentasenya sebesar 37 %. 3). Ada hubungan yang signifikan positif antara
pola asuh orangtua demokratis dengan penyesuaian sosial anak yang menunjukkan bahwa r = 0, 266 dan p = 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pola asuh demokratis maka semakin tinggi tingkat penyesuaian sosial. Sebaliknya semakin rendah tingkat pola asuh demokratis maka semakin rendah tingkat penyesuaian sosial. Sedangkan korelasi antara pola asuh otoriter dengan penyesuaian sosial menunjukkan hasil r = -,161 dan p = 0.094. Ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar