Senin, 21 Mei 2012

Hubungan Antara Profesionalitas Guide Dengan Kepuasan Konsumen 123


Profesionalitas guide adalah keahlian dan mutu kerja seorang yang
bertugas memberikan bimbingan, penerangan, dan petunjuk tentang obyek wisata
serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan di PT. Kusuma Satria
Dinasasri Wisata Jaya Pada Divisi Agrowisata. Sedangkan kepuasan konsumen
adalah suatu perasaan atau penilaian emosional dari konsumen atas jasa dimana
harapan dan kebutuhan mereka terpenuhi selama berwisata di PT. Kusuma Satria
Dinasasri Wisata Jaya Pada Divisi Agrowisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan profesionalitas guide
dengan kepuasan konsumen. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat
hubungan yang positif antara profesionalitas guide dengan kepuasan konsumen.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, antara lain variabel bebas yaitu
profesionalitas guide sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen.
Sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket
yang terdiri dari atas angket profesionalitas guide dan kepuasan konsumen. Untuk
pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian
dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha
Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket.
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson,
didapatkan hasil hitung r = 0,258, tabel r = 0,159, p = 0,001 yang berarti hipotesis
dalam penelitan ini diterima, bahwa terdapat hubungan yang positif antara
profesionalitas guide dengan kepuasan konsumen di Agrowisata Batu ______________.
Artinya bahwa semakin tinggi tingkat profesionalitas guide maka semakin tinggi
pula kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar