Jumat, 18 Mei 2012

Kreatifitas Anak yang Mengikuti Pendidikan Play Group dan Anak yang tidak Mengikuti Pendidikan Play Group (Studi Kasus Di TK Primagama dan Play Group Kreatif Primagama Cabang ______________) 089


Pendidikan pra sekolah pada saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan
yang tak terpisahkan dari rangkaian pendidikan bagi anak. Pendidikan pra sekolah
diperuntukkan bagi anak-anak dengan usia mulai 2 sampai 5 tahun. Sudah
semacam keharusan bagi orang tua terutama di kota metropolis untuk
memasukkan anak-anaknya ke Play Group sebelum menuju ke TK (Taman
Kanakkanak). Fenomena ini mendorong tumbuh dan menjamurnya lembaga
pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pra sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan menguji sejauh mana
perbedaan variabel- variabel berdasarkan perbandingan means dan uji t. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa TK. Primagama ______________ yang berjumlah 35 siswa.
Metode penelitian yang dipakai adalah cmpare means, yaitu penelitian yang hasil
penelitian variabel-variabel penelitian. Dari 35 siswa TK. sebagai populasi,
didapat hasil analisis statistika perbedaan means yang kemudian di periksa lagi
dengan uji t.
Perbedaan means tersebut diperoleh t hit sebesar 0,772 dan t tabel sebesar
2,113 den tingkat kepercayaan 0,05.dengan demikian hipotesa tidak adanya
perbedaan yang signifikan keikutsertaan anak pada pendidikan play group dengan
anak yang tidak mengikuti pendidikan di play group terhadap kreatifitas anak
diterima. Dengan kata lain Ho = diterima, karena hasil uji t menunjukkan t. hit < t
Tabel.Hal ini berarti tidak terdapat perbedaan kreatifitas yang sigfnifikan antara
anak yang mengikuti play group dengan anak yang tidak mengikuti play group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar