Sabtu, 19 Mei 2012

Motivasi belajar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan status Mahasiswa di UIN ______________ 095


Motivasi belajar merupakan suatu hal yang sangat penting baik di dalam
dunia industri maupun dalam dunia pendidikan, tanpa adanya motivasi maka
kinerja setiap individu dalam melaksanakan segala aktivitasnya tidak akan
berjalan dan berhasil secara baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar ditinjau dari
perbedaan jenis dan status mahasiswa yaitu mahasiswa yang berstatus aktivis atau
non-aktivis. instrument yang dipakai dalam mengumpulkan data penelitian ini
adalah dengan angket, jenis penelitian ini adalah penelitian sampel karena subyek
penelitian lebih dari seratus, jadi subyek penelitian ini adalah 200 Mahasiswa.
Dari hasil penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti tentang motivasi
belajar di UIN ______________ dengan variabel jenis kelamin dan status aktivitas
mahasiswa di ketahui bahwa secara umum tingkat motivasi belajar mahasiswa
perempuan lebih baik dari pada motivasi belajar pada mahasiswa laki-laki, hal ini
ada perbedaan yang tidak signifikan di antara hasil skor penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa motivasi belajar ditinjau dari
prosentase jenis status kegiatan mahasiswa diketahui perbedaan yang tidak
signifikan tersebut ditunjukkan dengan prosentase hasil 82% motivasi belajar pada
mahasiswa non-aktivis untuk kategori baik dan 19% motivasi belajar dengan
kategori kurang baik dan 65% motivasi belajar pada mahasiswa aktivis dengan
kategori baik dan 35% dengan kategori kurang baik atau perlu adanya bimbingan
dan juga pengarahan yang lebih maksimal. Tidak ada perbedaan antara motivasi
belajar jenis kelamin maupun status kegiatan
Penelitian ini menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan prosentase
dari motivasi belajar laki-laki,perempuan aktivis laki-laki, dan perempuan nonaktivis.
Dari hasil penelitian ini diketahui tidak ada beda antara mahasiswa aktivis
dan non-aktivis t-hitung untuk mahasiswa aktivis 1,993 dan non-aktivis 1,942 dan
mahasiswa laki-laki 1,686 dan perempuan 1,712. dikatakan tidak signifikan
karena t-tabel > dari t-hitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar