Kamis, 24 Mei 2012

Hubungan Antara Konsep diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa-Siswi Madrasah Aliyah Negeri Wlingi ___________________ 171

Konsep diri adalah Sikap, perasaan dan pandangan siswa tentang dirinya sebagai
hasil interaksi dengan lingkungannya yang meliputi pemahaman diri, sosial dan akademis
yang nantinya akan menentukan langkah-langkah individu dalam melakukan aktifitas
sesuai dengan gambaran yang ada pada dirinya. Sedangkan penyesuaian diri adalah
Kemampuan siswa untuk menyelaraskan antara kebutuhan internal pribadi dengan
tuntutan dari luar yang berupa pendidikan, kehidupan sek, norma masyarakat, peran dan
identitasnya, penggunaan waktu luang, penggunaan uang, kecemasan, frustrasi dan
konflik sehingga individu dapat berfungsi secara efektif dan seimbang. Siswa MAN
Wlingi yang merupakan remaja awal yang merupakan masa pembentukan konsep diri.
Pada masa ini remaja melakukan banyak aktivitas untuk menunjukkan jati dirinya.
Penyesuaian diri yang dilakukan individu terhadap lingkungannya dijadikan
pembelajaran untuk membentuk perilaku dirinya. Pembelajaran tersebut dijadikan sebagai
sebuah pedoman untuk penyesuaian diri dalam interaksi selanjutnya. Konsep diri yang
mereka miliki tiap saat selalu berubah karena pada masa tersebut remaja merupakan masa
goncangan emosional yang mana konsep dalam dirinya selalu berubah sesuai dengan
hasil pembelajaran terhadap lingkungannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah konsep diri
siswa-siswi MAN Wlingi ___________________, (2) Bagaimanakah penyesuaian diri siswa-siswi MAN
Wlingi ___________________, (3) Bagaimanakah hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri
siswa-siswi MAN Wlingi ___________________. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
konsep diri siswa MAN Wlingi ___________________ yang berhubungan dengan penyesuaian diri.
Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri
dengan penyesuaian diri.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah konsep diri
sedangkan variabel terikatnya adalah penyesuaian diri. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa MAN Wlingi kelas X-1, XI-IPA-1 dan XI-IPS-2 berjumlah 96 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster sampling. Instrumen yang
digunakan adalah angket untuk konsep diri dan penyesuaian diri. Untuk pengujian
kualitas alat ukur, digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part
Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem
angket
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, didapatkan
hasil xy r = 0,782 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima, yaitu terdapat
hubungan yang positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa MAN Wlingi
___________________. Artinya semakin tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi pula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar