Senin, 21 Mei 2012

Hubungan Kecerdasan Emosional den gan Penyesuaian Sosial Siswa Akselerasi SMUN 1 ______________ 148


Individu dalam kehidupan sehari-harinya dituntut untuk menjalin
hubungan dengan individu yang lain. Melalui proses sosialisasi inilah, individu
mengadakan penyesuaian dengan lingkungan sekitarnya. Namun tidak sedikit dari
mereka yang mengalami kesulitan dalam melakukan penyesua ian sosial. Untuk
menjalin hubungan yang baik, seorang individu dituntut memiliki kecerdasan
emosional yang baik pula.
Pada dasarnya antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial
saling berhubungan. Kecerdasan emosional merupakan himpunan bagian d ari
kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan dan emosi
baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kah tingkat
kecerdasan emosional siswa akselerasi, bagaimana kah tingkat penyesuaian sosial
siswa akselerasi, serta mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan
penyesuaian sosial pada siswa akselerasi SMUN 1 ______________. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian siswa
akselerasi SMUN 1 ______________ yang be rjumlah 31 orang.
Pada penelitian ini diketahui bahwasanya kecerdasan emosional siswa
akselerasi tergolong tinggi dengan persentase 45,16 %. Untuk tingkat penyesuaian
sosial siswa akselerasi SMUN 1 ______________ berada pada kategori tinggi dengan
persentase 54,84 %. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai rhit 0.810 dengan
propabilitas 0.000.
Hasil penelitian ini menyatakan ada hubungan antara kecerdasan
emosional dengan penyesuaian sosial siswa akselerasi SMUN 1 ______________. Hal ini
berdasarkan pada nilai rhit 0.810 dan nilai rtabel adalah 0.000. Berdasarkan taraf
signifikansi 5 % r hitung dari hasil korelasi memiliki nilai rhit 0.810 > rtabel 0.000.
Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi pula tingkat
penyesuaian sosial siswa akselerasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar