Sabtu, 19 Mei 2012

Nilai-nilai Budaya Perusahaan Sebagai Dasar Terbentuknya Sikap Dan Perilaku Karyawan Di Bank Syariah Mandiri 094


Setiap individu pasti mempunyai kepribadian yang bermacammacam
yang akan membedakan antara orang yang satu dengan orang
yang lainnya. Begitu juga Organisasi juga mempunyai semacam
kepribadian yang seringkali disebut budaya perusahaan. Budaya
perusahaan merupakan suatu ciri khas yang dimiliki oleh suatu
perusahaan. Lebih dari itu budaya perusahaan digunakan untuk
membentuk karakter dan perilaku serta kebiasaan dalam rangka
pencapaian visi, misi dan tujuan sebuah organisasi. Adanya perilaku yang
khas inilah yang akan menjadi ciri khas suatu perusahaan dengan
perusahaan yang lainnya. Untuk membentuk sikap dan perilaku
seseorang dalam suatu perusahaan maka diperlukan suatu pedoman atau
prinsip yang dianut dan dipahami secara bersama-sama untuk
mewujudkan tujuan perusahaan. Sikap dan perilaku akan terbentuk dari
adanya nilai-nilai atau prinsip yang mendasari para karyawan dalam
suatu perusahaan untuk sebagai landasan mereka bertindak. Untuk itulah
dalam suatu perusahaan penting untuk mengetahui nilai-nilai yang
mendasari seseorang untuk bertindak dan berperilaku dalam suatu
pekerjaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai apa saja
yang mendasari budaya perusahaan yang ada di Bank syariah Mandiri
dan (2) bagaimana nilai-nilai budaya perusahaan itu membentuk sikap
dan perilaku karyawan di bank Syariah Mandiri.
Untuk menjawab fenomena yang terjadi di Bank Syariah Mandiri
(BSM), peneliti menggunakan metode penelitian fenomenologi. Penelitian
ini tidak sekedar menjawab apa yang tampak oleh kasat mata saja tetapi
lebih dari itu penelitian ini menjawab esensi dan makna yang terdapat
dibalik sesuatu yang tampak. Pendekatan Kualitatif dipilih sebagai
pendekatan dalam menggambarkan fenomena yang terjadi melalui tulisan
atau kata-kata yang berbentuk narasi. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini melalui metode interview, observasi dan dokumentasi.
Interview dilakukan kepada satu orang sebagai sumber data utama
kemudian sumber data utama menunjuk beberapa orang untuk menjadi
sumber data berikutnya. Teknik ini lazim disebut teknik " Snowball".
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membentuk
budaya perusahaan, para perintis BSM lebih menonjolkan nilai-nilai
ii
Islami untuk membentuk dan membiasakan karakter dan tingkah laku
karyawannya. Hal ini dapat terlihat dari cara mereka berpakaian yang
menggunakan busana muslim untuk karyawan perempuan. Selain itu,
dalam melayani nasabah, mereka selalu mengawali dan mengakhiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar