Jumat, 18 Mei 2012

Korelasi Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MAN I


Adanya proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan motivasi
siswa lebih banyak ditentukan dalam lingkungan keluarga. Kesadaran akan
tanggung jawab mendidik dan membina anak secara terus-menerus perlu
dikembangkan kepada semua orangtua. Dari banyak kasus yang terjadi di sekolah
ternyata faktor pada siswa antara lain motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut,
dapat dicari bagaimana pola asuh orangtua yang diterapkan pada siswa kelas XI
MAN ______________ I, bagaimana tingkat motivasi belajar siswa kelas XI MAN ______________
I, dan bagaimana korelasi antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar siswa
kelas XI MAN ______________ I.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orangtua yang
diterapkan pada siswa kelas XI MAN ______________ I, untuk mengetahui seberapa besar
tingkat motivasi belajar siswa kelas XI MAN ______________ I, dan untuk mengetahui
bagaimana korelasi antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas
XI MAN ______________ I.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenisnya berupa
korelasi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua
variabel. Metode pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi.
Dari populasi sebanyak 236 siswa, sehingga yang dijadikan sampel berjumlah 60
siswa atau 25%. Analisa data yang digunakan adalah Product Moment Pearson
dengan menggunakan komputer program SPSS for Windows.
Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa pola asuh orangtua (yaitu
demokratis, otoriter, dan permisif) yang diterapkan pada siswa kelas XI MAN
______________ I berada pada kategori sedang, dengan sampel berjumlah 43 siswa atau
71,67%. Sedangkan tingkat motivasi belajar (yaitu instrinsik dan ekstrinsik) yang
dimiliki siswa kelas XI MAN ______________ I diketahui pada kategori sedang, dengan
sampel berjumlah 38 siswa atau 63,33%. Korelasi antara pola asuh orangtua
terhadap motivasi belajar siswa sangat signifikan, dimana diketahui nilai alpha
0,776 pada taraf P = 0,001. Pola asuh demokratis mempunyai korelasi yang lebih
baik terhadap motivasi belajar siswa dan pola asuh permisif kurang terhadap
motivasi belajar siswa. Begitu juga dengan pola asuh otoriter kurang memberikan
konstribusi pada motivasi belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar