Senin, 21 Mei 2012

Penerapan Jenis Homeschooling dalam Pembentukan Kemandirian Anak (Studi Kasus pada Asosiasi Homeschooling Pendidikan Alternatif Asah Pena dan Keluarga Homeschooler di Kota ______________) 143


Homeschooling adalah merupakan metode belajar baru dalam dunia
pendidikan yang dilaksanakan di rumah dengan menjadikan orang tua sebagai
pengajar untuk membantu mengembangkan potensi anak secara optimal baik
dalam pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kepribadian dengan menekankan
pada kemandirian anak.
Dalam penelitian ini terumuskan dalam dua poin, yaitu bagaimanakah
homeschooler menerapkan jenis homeschooling dalam pembentukan kemandirian
anak, bagaimanakah bentuk kemandirian anak dari penerapan jenis
homeschooling. Dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana penerapan jenis homeschooling yang diterapkan oleh
setiap homeschooler, dan bagaimana bentuk kemandirian anak dari penerapan
jenis homeschooling tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif deskriptif dengan
menggunakan pendekatan studi kasus multi kasus, dengan subyek 3 orang; 2 lakilaki
dan 1 perempuan usia sekolah dasar antara 7 tahun samapai 12 tahun. Ada
dua tempat yang dijadikan penelitian, yakni; Lembaga (sekolah dolan),
homeschooler (rumah masing-masing tiap subyek). Pengambilan data dimulai
pada tanggal 7 Januari 2008 sampai 21 Juni 2008. Penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menggunakan peralatan
MPEG 4, yang kemudian dianalisa dengan menemukan makna setiap data, dan
memberikan tafsiran yang masuk akal.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa 3 homeschooler menerapkan
jenis homeschooling yang berbeda-beda; dua homeschooler menerapkan jenis
homeschooling komunitas, sedangkan 1 homeschooler menerapkan
homeschooling tunggal.
Penerapan jenis homeschooling komunitas dan homeschooling tunggal
tidak jauh berbeda yang ditekankan pada aplikasi langsung, dimana seorang anak
dikenalkan pada kenyataan dan tidak hanya berpedoman pada teori saja.
Sedangkan yang membedakan dari kedua jenis homeschooling tersebut hanyalah
dari segi pelaksanaan dan fasilitas belajar yang ada; jenis homeschooling
komunitas bergabung dengan homeschooler lainnya, sedangkan homeschooling
tunggal tidak bergabung (dilakukan oleh keluarga itu sendiri). Bentuk
kemandirian yang dihasilkan dari penerapan kedua jenis homeschooling tersebut
sangat bervariatif atau heterogen yang didasarkan atas beberapa faktor, yakni;
faktor psikologis anak, pendidikan, dan pola asuh orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar