Senin, 21 Mei 2012

Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi UNAS 2009 151


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat prokrastinasi akademik, bagaimanakah tingkat kecemasan siswa, serta mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dan kecemasan pada kelas III SMP KARTIKA IV-8 ______________. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian siswa siswa kelas III SMP KARTIKA IV-8 ______________ yang berjumlah 161 orang.
Pada penelitian ini diketahui bahwasanya mayoritas siswa yang mengalami prokrastinasi akademik tergolong sedang dengan persentase 69,56 %. Dan mayoritas untuk tingkat kecemasan dalam menghadapi UAN siswa III SMP KARTIKA IV-8 ______________ berada pada kategori sedang dengan persentase 72,05 %. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai rhit 0.209 dengan propabilitas 0.008.
Hasil penelitian ini menyatakan ada hubungan antara prokrastinasi dengan kecemasan siswa III SMP KARTIKA IV-8 ______________. Hal ini berdasarkan pada nilai rhit 0.209 dan nilai rtabel adalah 0.008. Berdasarkan taraf signifikansi 5%, r hitung dari hasil korelasi diatas memiliki nilai rhit 0.209 dengan propabilitas 0.008. Jika propabilitas kurang dari 0.05 maka Ho di tolak, sedangkan jika lebih dari 0.008 maka Ha di terima. Hasil propabilitas menunjukkan angka 0.008 dengan artian propabilitas kurang dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya prokrastinasi memiliki hubungan (berkorelasi) dengan kecemasan siswa SMP KARTIKA IV-8 dalam menghadapi UNAS 2009. Artinya prokrastinasi memiliki hubungan (berkorelasi) positif dengan kecemasan siswa SMP KARTIKA IV-8 dalam menghadapi UNAS 2009.
Nilai positif pada angka korelasi menunjukan ada hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan kecemasan siswa menghadapi UNAS. Tingginya tingkat prokrastinasi akademik siswa akan memicu timbulnya kecemasan. Penggunaan waktu belajar yang tidak efektif, khususnya dalam hal ini adalah tugas-tugas akademik dapat dipastikan secara signifikan akan memuncukan emosi-emosi yang tidak menyenangkan dalam hal ini adalah kecemasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar