Senin, 21 Mei 2012

Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Kontrol Diri Pada Remaja Awal di SMP


Setiap individu akan mengalami masa-masa mencari identitas diri dan
periode emosi yang merupakan ciri sebagai seorang remaja. Hal itu menyebabkan
kebanyakan para remaja mengalami perilaku yang negatif, karena lemahnya
kontrol diri dan kecerdasan spiritual (SQ). Keadaan yang serupa juga terjadi pada
siswi SMP Al-Izzah yang menunjukkan lemahnya SQ dan kontrol diri, seperti
menentang orang tua, bertengkar dengan teman, dan sebagainya. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara SQ dengan
kemampuan kontrol diri pada remaja awal yang berusia sekitar 13-15 tahun di
SMP Al-Izzah Batu desa Sumberejo.
Kecerdasan spiritual (SQ) menurut Zohar dan Marshall adalah kecerdasan
untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan
untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas
dan kaya. Sedangkan kontrol diri menurut Calhoun dan Acocella merupakan
sebagai pengaturan fisik, psikologis, dan perilaku seseorang; dengan kata lain
serangkaian proses yang membentuk dirinya sendiri.
Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif
korelasional. Penelitian ini mengambil 79 subjek yang dijadikan sampel, terdiri
dari kelas 2 dan 3. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini
berupa kuesioner yang berisi aspek-aspek kecerdasan spiritual dan kontrol diri.
Analisa data yang digunakan adalah analisa kuntitatif, analisis tingkat,
pengkategorian, serta prosentase SQ dan kontrol diri.
Hasil dari penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan kecerdasan
spiritual dan kontrol diri pada remaja awal dengan nilai sig. (2-tailed) lebih kecil
dari 0,05. tingkat kecerdasan spiritul dan kontrol diri pada siswi SMP Al-Izzah
memiliki 3 kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah, dengan masing masing nilai
sebagai berikut: kategori kecerdasan spiritual tingkat tinggi 13 subjek, sedang 52
subjek, dan rendah 14 subjek, sedangkan kategori kontrol diri tingkat tinggi 15
subjek, sedang 52 subjek, dan rendah 12 subjek.
Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam meningkatkan kecerdasan
spiritual dan kontrol diri pada siswi SMP Al-Izzah. Untuk mencapai kecerdasan
spiritual dan kontrol diri yang tinggi, setiap siswi diberikan bimbingan,
pemahaman, dan arahan sesuai dengan aspek-aspek SQ dan kontrol diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar