Sabtu, 19 Mei 2012

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Diri pada Remaja Kelas I dan II di Madrasah Aliyah AN-NUR Bululawang ______________ 0100


Penyesuaian diri dibutuhkan oleh semua orang disetiap pertumbuhan
mananapun terutama pada masa remaja, karena pada saat ini remaja dihadapkan pada
berbagai kegoncangan dan perubahan di dalam dirinya, baik perubahan fisik,
psikologis maupun social. Perubahan-perubahan yang begitu cepat menuntut
kemampuan individu mengikuti perubahan tersebut, tanpa kemampuan mengikuti
perubahan tersebut individu akan mengalami kesukaran dan masalah-masalah pribadi
maupun social. Dasawarsa terakhir ini telah mencatat berbagai permasalahan remaja
yang mengindikasikan ketidak mampuan remaja dalam menyesuaikan diri dan
rapuhnya kehidupan emosional mereka. Keberhasilan seseorang dalam penyesuaian
diri dipengaruhi oleh baik buruknya emosional yang dimiliki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan
tingkat penyesuaian diri pada remaja serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan
emosional terhadap penyesuaian diri pada remaja kelas I dan II di Madrasah Aliyah
AN-NUR Bululawang. Adapun populasinya adalah remaja (siswa) kelas I dan II di
Madrasah Aliyah AN-NUR sebanyak 290 orang dan sampelnya sebanyak 60 orang,
teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pupossive sampling.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini aalah
angket, sedangkan metode analisa yang digunakan adalah analisa regresi dengan
menggunakan SPS versi IBM/IN. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional
dan tingkat penyesuaian diri digunakan skor standard berupa skor T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja Kelas I dan II di Madrasah
Aliyah AN-NUR Bululawang sebagian besar memiliki kecerdasan emosional sedang
atau cukup tinggi yakni sebanyak 35% demikian juga halnya dengan penyesuaian
dirinya tergolong sedang yakni 36,67%. Sedangkan hasil penelitian mengenai
pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri didapatkan F = 33,847
dengan P = 0,000 atau Fhit = (33,847) > Ftab 5% (4,00). Hal ini berarti bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan terhadap penyesuaian diri, karena
nilai P < 0,01, untuk koefisien determinan r2 diperoleh hasil 0,369 atau 36,9% yang
berartu bahwa sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri
sebesar 36,9% dan sisanya 63,1% dipengaruhi oleh variable lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar