Kamis, 24 Mei 2012

Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Motivasi Berprestasi MAN ______________ I

Setiap orang pada dasarnya memiliki potensi untuk berprestasi hanya saja
derajatnya berbeda, motivasi berprestasi sangat dipengaruhi oleh faktor baik interen
maupun eksteren, bimbingan belajar merupakan faktor eksteren. Fenomena yang terjadi
Fenomena yang terjadi di MAN ______________ I adalah mengenai beberapa mata pelajaran yang
sangat diutamakan dan diperhatikan sehingga diharapkan anak didiknya mampu
memahami mata pelajaran tersebut, namun tidak semua siswa MAN ______________ I berasal
dari lulusan MTS, yang mampu memahami dan menguasai mata pelajaran akan tetapi ada
lulusan SMP yang sama sekali tidak memahami dan menguasai mata pelajaran tersebut
Dengan adanya peran bimbingan belajar maka siswa diharapkan dapat berkonsultasi
mengenai belajar khususnya bagi yang tingkat prestasinya kurang atau rendah maka perlu
adanya bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi berprestasi. Oleh karena itu
peneliti ingin mengetahui adakah hubungan bimbingan belajar dengan motivasi
berprestasi siswa MAN ______________ I
Subyek penelitian yang diambil adalah siswa-siswi kelas X MAN ______________ 1.
Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sistematic cluster sampling, dari 7
kelas pararel kelas satu MAN ______________ 1 diambil 2 kelas pararel jadi hanya 80 siswa yang
dijadikan subyek penelitian. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah melalui angket yang diisi oleh responden. Analisa data ini menggunakan
Pearson Correlation. Hasil uji validitas skala bimbingan belajar dan motivasi dari 30
item bimbingan belajar maka 28 item dinyatakan valid dan 2 item dinyatakan gugur.
Sedangkan untuk motivasi berprestasi 25 item dinyatakan valid dan 5 item dinyatakan
gugur. reabilitas skala bimbingan belajar 0,8621 dan motivasi berprestasi 0,8274.
Dari 80 siswa Dikategorikan berdasarkan standar deviasi menghasilkan tingkat
bimbingan belajar siswa-siswi kelas X MAN ______________ 1 ada lima kategori yaitu diperoleh
(41,25%) sedang, (25%) tinggi, (20%) rendah, (7,5%) sangat tinggi, dan (6,25%) sangat
rendah. Untuk motivasi berprestasi diperoleh (45%) sedang, (23,75%) tinggi, (18,75%)
rendah, (7,5%) sangat tinggi, dan (5%) sangat rendah.. Dari uji statistik didapatkan hasil
bahwa nilai rxy 0,572. dari 80 sampel dan nilai r tabel adalah 0,286. Dikatakan signifikan
atau mempunyai hubungan apabila rhit 0,572 > rtabel 0,286. Penelitian tersebut dilakukan
dengan tingkat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian ini menunjukan antara Bimbingan
Belajar Dan Motivasi Berprestasi siswa MAN 1 ______________ terdapat hubungan signifikan hal
ini dimungkinkan adanya keberhasilan guru dalam bimbingan belajar siswa MAN
______________ 1 sehingga motivasi berprestasi siswa tinggi. Berdasarkan penelitian ini berarti
adanya korelasi yang positif antara bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar