Jumat, 18 Mei 2012

Peran Konselor dalam menanggulangi kenakalan siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gondangwetan ____________) 081


Dewasa ini kenakalan remaja yang ada dikalangan masyarakat dan juga
dikalangan sekolah semakin merambah dengan semakin berpesatnya era
globalisasi maka semakin parah tingkat kenakalan remaja masa kini. Kenakalan
remaja (siswa) pada usia sekolah seharusnya menuntut ilmu ternyata sebagian dari
mereka melakukan tindakan yang tidak terpuji. Dengan melihat realita
sesungguhnya bentuk-bentuk dari kenakalan-kenakalan di SMA Negeri
Gondangwetan ____________ meliputi membolos sekolah, merokok, tawur antar gank
dan tindakan-tindakan itu tidak lepas dari faktor intern dan faktor ekstern, maka
dari itu konselorlah sangat berperan untuk menanggulangi permasalahanpermasalahan
yang ada disekolah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk
kenakalan siswa, faktor-faktor kenakalan siswa dan peran konselor dalam
menanggulangi kenakalan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, maksudnya dalam
penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angka, melainkan data
tersebut berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
peneliti menggunakan empat responden yang benar-benar bermasalah dan yang
diwawancarai adalah responden, konselor, teman responden dan guru siswa yang
bermasalah. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan
secara fungsional, maksudnya peneliti sebenarnya bukan anggota asli kelompok
yang diteliti,melainkan dalam peristiwa-peristiwa tertentu yaitu data yang
diperoleh lewat pihak lain dan tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subyek
lainnya dan berpartisipasi dengan subjek yang diteliti dalam kapasitas sebagai
pengamat dan teknik wawancara bebas terpimpin. Dan teknik analisa datanya
adalah berdasar pada data yang telah diperoleh dalam penelitian dan sifatnya
terbuka. Sedang analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif
kualitatif. Yaitu metode yang menguraikan, menafsirkan, dan menggambarkan
data yang terkumpul.
Hasil penelitian yang didapat adalah bentuk-bentuk kenakalan siswa di
SMA Negeri Gondangwetan ____________ meliputi merokok, membolos, mencuri,
tawuran antar gank, minum-minuman keras, faktor-faktor kenakalan disebabkan
karena faktor intetrn dan faktor ekstern yang meliputi faktor keluarga, sekolah dan
masyarakat, dan peran konselor dalam menanngulangi kenakalan siswa yang
diterapkan konselor pada sekolah adalah bimbingan, konseling, kerjasama antara
konselor dengan murid, kerjasama konselor dengan orang tua murid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar