Kamis, 17 Mei 2012

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II MTsN Tembelang ___________________


Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi
belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi.
Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa
IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang,
tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan
emosional. Kecerdasan emosional merupakan landasan bagi prestasi belajar siswa.
Kecerdasan emosional itu meliputi kemampuan mengendalian diri sendiri,
memiliki semangat dan ketekunan, memotivasi diri sendiri, ketahanan menghadapi
frustasi, kemampuan mengatur suasana hati, kemampuan empati. Orang yang
dapat mengendalikan emosi secara cepat dan memperhatikan serta memikirkan
perasaan orang lain dapat disebut sebagai orang yang cerdas emosional. Semakin
tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi dalam menentukan prestasi
belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan
emosional siswa kelas II MTsN Tembelang ___________________, dan untuk mengetahui
prestasi belajar siswa kelas II MTsN Tembelang ___________________, serta untuk mengetahui
hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas II MTsN
Tembelang ___________________.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini
adalah siswa MTsN Tembelang ___________________. Pengambilan sampel menggunakan
purposive sampel. Dan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara angket dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi
product moment, yang sebelumnya dilakukan dengan pencarian rata-rata dan
standar deviasi serta kategorisasi dari masing-masing variabel tingkat kecerdasan
emosional dan tingkat prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan hasil
bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa berada pada tingkat sedang dan tinggi,
namun sebagian besar tingkat kecerdasan emosional siswa adalah rendah.
Sedangkan untuk tingkat prestasi siswa memiliki tingkat prestasi dengan nilai ratarata
di atas 65 dengan kategori sedang dan tinggi, namun secara umum atau
sebagian besar prestasi siswa adalah rendah. Hasil perhitungan korelasi dengan
menggunakan product moment didapatkan hasil 0,735, artinya kedua variabel
tingkat kecerdasan emosional dan tingkat prestasi belajar siswa memiliki
hubungan yang erat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar